Cara dan Urutan Pemasangan Filter Air Minum, Sumur Bor, Rumah Tangga yang Bagus | Standar Air Bersih dan Air Minum Sesuai Permenkes

Bagaimana Cara dan Urutan Pemasangan Filter Air?

Filter Air Minum, Filter Air Sumur Bor, Filter Air Tanah adalah diantara beberapa hal yang semakin banyak dicari saat ini. Kebutuhan akan air bersih dan air minum di rumah sendiri semakin meningkat, baik di Jabodetabek maupun daerah lainnya.
jual media filter air, filter air sumur bor, filter air minum, filter air rumah tangga

Kebutuhan air minum dan air bersih adalah kebutuhan primer yang harus dimiliki oleh setiap individu. Bahkan, dengan mengontrol air minum dan air bersih yang layak dapat berdampak besar bagi kesehatan.

Ingat, banyak penyakit yang disebabkan virus dan bakteri di dalam air, mulai dari disentri, kolera, cacingan, hingga hepatitis; disebabkan terpapar oleh air tercemar. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda mempelajari tentang filter air ini.

Perbedaan Filter Air Bersih dan Filter Air Minum

Standar parameter antara air bersih dan air minum berbeda. Air bersih yang digunakan untuk kebutuhan sanitasi memiliki standar kelayakan sesuai dengan Permenkes no.32 tahun 2017, diantaranya:
Kekeruhan max 25 NTU
warna max 50 TCU
TDS max 1.000 mg/l
Tidak berasa dan tidak berbau
Total coliform max 50 CFU/100 ml
Total E.Coli max 0 CFU/100 ml
pH 6,5-8,5
Besi max 1 mg/l
Kesadahan max 500 mg/l
Sulfat max 400 mg/l

Sementara standar air minum sesuai dengan Permenkes no. 492 tahun 2010, diantaranya:
kekeruhan max 5 NTU
TDS max 500 mg/l
Tidak berasa dan tidak berbau
Total coliform max 0 CFU/100 ml
pH 6,5-8,5
Besi max 0,3 mg/l
Kesadahan max 500 mg/l
Sulfat max 250 mg/l

Bisa dilihat bahwa standar air bersih dan standar air minum berbeda.

Namun, prinsip filter air bersih dan filter air minum sama, yaitu bagaimana cara nya menjadikan parameter fisik, kimiawi, biologi dan radioaktif air sumber atau air umpan yang memiliki kondisi awal menjadi kondisi akhir yaitu sesuai dengan standar yang ada.

Media Filter Air Bersih dan Media Filter Air Minum

Media filter adalah media yang digunakan untuk melakukan proses filtrasi, adsorbsi, pertukaran ion, dan berbagai metode lain untuk mengolah air (water treatment). Ada beberapa media filter umum yang tersedia seperti:
1. Karbon aktif. Karbon aktif memiliki daya adsorben yang tinggi sehingga dapat menyerap bau, berbagai kandungan senyawa organik, sulfat, bahkan menjadi pengontrol pH dalam proses filter air.

2. Pasir Silika. Pasir silika berfungsi sebagai menyaring lumpur, tanah, pengotor yang tersuspensi di dalam air sehingga mengurangi kekeruhan air.

3. Pasir Aktif dan Manganese. Media filter air ini berfungsi untuk mengurangi kadar besi dan kadar mangan di dalam air.

4. Zeolit. Zeolit berfungsi untuk mengurangi kesadahan (mengurangi kadar kalsium) di dalam air yang menyebabkan air terasa licin.

Urutan dan Cara Pemasangan Filter Air

Anda bisa melakukan proyek pembuatan filter air tradisional seperti menggunakan ijuk, batu bata, dan media filter air tradisional, bisa juga dengan filter air sederhana namun dengan media filter air berkualitas seperti yang disebutkan di atas.

Anda yang mencari bagaimana cara membuat filter air sumur bor yang bagus, filter air bersih, filter air minum bisa menonton video ini: Urutan serta cara memasang filter air melalui sistem tangki tabung filter air oleh Ady Water.

Paket Jasa Pemasangan Filter Air Rumah Tangga di Jabodetabek

Jika Anda tidak ingin repot dan tinggal menyerahkan pada ahlinya, maka JAKARTA FILTER AIR by Ady Water bisa menjadi solusi untuk Anda. Perusahaan Ady Water sudah melayani penjualan barang dan jasa pemasangan filter air sumur, filter air tanah, filter air bersih, filter air minum dan lain-lain baik di Bandung maupun kota lainnya.

Ini adalah pelayanan terbaru kami yaitu pemasangan filter air khusus Anda yang berada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, maupun Bekasi.

Informasi dan pemesanan hubungi:

0812 1141 7411 (ANDRI)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel