Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Uap dan Pentingnya Resin Softener | Jual Resin Water Softener Flotrol S+ Untuk Rumah Tangga siap kirim ke Batang

Jual Resin Kation Flotrol S+

Telp/WA: 0812 1121 7411
Email: adywater@gmail.com

Indonesia masih banyak bergantung terhadap pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), khususnya yang berbasis batu bara dalam memenuhi kebutuhan energi.

Hal itu mengingat batu bara masih menjadi sumber energi yang paling murah.

Kondisi itu pun membuat Indonesia punya cukup banyak PLTU yang tersebar di berbagai provinsi. Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Indonesia memiliki 253 PLTU hingga 20 April 2022.

Dari jumlah tersebut, PLTU terbanyak berada di Kalimantan Timur, yaitu 26 unit. PLTU juga banyak tersebar Banten dan Jawa Timur yang masing-masing sebanyak 22 unit.

Menarik sekali memperhatikan mengenai cara kerja pembangkit listrik tenaga uap, karena ini sangat berkaitan dengan hajat hidup orang banyak di Indonesia.

Secara sederhana, Pembangkit listrik tenaga uap adalah pembangkit listrik dimana generator listrik digerakkan uap. Air dipanaskan lalu berubah menjadi uap dan memutar turbin uap yang menggerakkan generator listrik.

Resin Kation, Resin, Resin Softener, Resin Merek, Resin Pelunak Air, Resin Water Softening, Resin Water Softener, Resin, Cation, Cation Resin, harga resin kation flotrol S+, jual resin kation flotrol S+, jual resin softener, distributor resin softener, jual resin kation, resin untuk boiler, resin pelunak air, resin water softener

Setelah melewati turbin, uap diembunkan dalam kondensor. Variasi terbesar dalam desain pembangkit listrik tenaga uap adalah karena sumber bahan bakar yang berbeda.

Apa saja bahan bakar yang digunakan oleh pembangkit listrik tenaga uap di seluruh dunia?

  • Minyak bumi
  • Batubara
  • Gas alam
  • Uranium / tenaga nuklir

Di seluruh dunia, kebanyakan tenaga listrik diproduksi oleh pembangkit listrik tenaga uap, yang menghasilkan sekitar 86% dari semua pembangkit listrik.

Satu-satunya jenis pembangkit listrik lain yang saat ini memiliki kontribusi signifikan adalah pembangkit listrik tenaga air dan turbin gas, yang dapat membakar gas alam atau diesel.

Sementara itu, pembangkit listrik lain seperti turbin angin, panel surya juga dapat menghasilkan tenaga listrik, namun skala nya tidak sebesar pembangkit listrik tenaga uap.

Sejarah Pembangkit Listrik Tenaga Uap

James Watt adalah salah satu pionir dalam pembuatan mesin uap pada abad ke-18. Pusat pembangkit listrik komersil komersial pertama di New York dan London, pada tahun 1882, juga menggunakan mesin uap reciprocating.

Sebagai ukuran generator meningkat, akhirnya turbin mengambil alih karena efisiensi yang lebih tinggi dan biaya konstruksi yang lebih rendah. Pada tahun 1920 setiap stasiun pusat yang lebih besar dari beberapa ribu kilowatt akan menggunakan penggerak utama turbin.

Pembangkit Listrik Tenaga Uap / Thermal

Pembangkit uap / termal menggunakan energi panas yang dihasilkan dari pembakaran batubara untuk menghasilkan energi listrik. Jenis pembangkit listrik ini banyak digunakan di seluruh dunia.

Pembangkit listrik ini menggunakan siklus Rankine. Ini adalah siklus uap yang dihasilkan di boiler, lalu dibawa ke turbin uap (prime mover).

Dari turbin uap didinginkan kembali ke air di Kondensor, air yang dihasilkan dimasukkan kembali ke dalam boiler untuk mengulangi siklusnya.

Karena banyaknya bahan bakar (batu bara), pembangkit listrik semacam ini bisa digunakan untuk menghasilkan sejumlah besar energi listrik. Di kebanyakan negara, pembangkit listrik ini digunakan sebagai pembangkit listrik beban dasar.

Ini karena pembangkit tenaga uap lambat untuk memulai dan tidak dapat digunakan untuk memenuhi beban puncak yang umumnya terjadi dalam waktu singkat.

Pembangkit listrik ini (bersama dengan PLTN) terus berjalan sangat dekat dengan efisiensi penuh selama 24 jam sehari (kecuali jika dipelihara).

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Uap

PLTU menggunakan fluida kerja air uap yang bersirkulasi secara tertutup. Siklus tertutup artinya menggunakan fluida yang sama secara berulang-ulang. Urutan sirkulasinya secara singkat adalah sebagai berikut :

Pertama air diisikan ke boiler hingga mengisi penuh seluruh luas permukaan pemindah panas.

Di dalam boiler air ini dipanaskan dengan gas panas hasil pembakaran bahan bakar dengan udara sehingga berubah menjadi uap.

Kedua, uap hasil produksi boiler dengan tekanan dan temperatur tertentu diarahkan untuk memutar turbin sehingga menghasilkan daya mekanik berupa putaran.

Ketiga, generator yang dikopel langsung dengan turbin berputar menghasilkan energi listrik sebagai hasil dari perputaran medan magnet dalam kumparan, sehingga ketika turbin berputar dihasilkan energi listrik dari terminal output generator

Keempat, Uap bekas keluar turbin masuk ke kondensor untuk didinginkan dengan air pendingin agar berubah kembali menjadi air yang disebut air kondensat.

Air kondensat hasil kondensasi uap kemudian digunakan lagi sebagai air pengisi boiler.

Pentingnya Kontrol Air Umpan Boiler (Boiler Feed Water)

Dari penjelasan mengenai cara kerja pembangkit listrik di atas, jelas bahwa salah satu kontrol yang ketat adalah kualitas air umpan boiler / boiler feed water.

Boiler feed water adalah air yang digunakan dalam pengoperasian boiler. Boiler feedwater terdiri dari air yang ditambah uap kondensasi.

Seringkali, uap yang terkondensasi dikembalikan ke boiler sebagai bagian dari feedwater. Air yang dibutuhkan untuk melengkapi kondensat yang dikembalikan disebut make-up water.

Make-up water biasanya disaring dan diolah sebelum digunakan. Komposisi feedwater tergantung pada kualitas make-up water dan jumlah kondensat yang dikembalikan.

Untuk makeup water, banyak plant menggunakan air baku (raw water) yang membutuhkan pre-treatment dengan beberapa kombinasi clarifiers, sand filters dan mixed media filter.

Air yang dihasilkan kemudian diolah lebih lanjut (treatment tambahan) melalui membran reverse osmosis, demineralisasi (demineralization), elektrodaionisasi (electrodeionization), ultrafiltrasi (ultrafiltration) atau sistem lainnya.

Hasil akhirnya adalah air sangat murni (ultrapure water) yang memiliki nilai konduktivitas rendah yang dapat mengoptimalkan kinerja boiler.

Tanpa ada proses pengolahan ini, air dapat memiliki konduktivitas listrik atau alkalinitas yang tinggi. Hal ini dapat berdampak pada pembentukan kerak pada boiler, yang akan menurunkan efisiensi energi.

Selain itu air yang mengandung oksigen terlarut (Dissolved Oxygen) dapat membentuk korosi / karat pada boiler sehingga berpotensi menyebabkan pecahnya tabung boiler.

Endapan kotoran pada air yang belum diolah juga dapat menggagalkan transfer panas atau mengurangi efisiensi.

Artinya, sumber air apapun yang digunakan oleh pembangkit listrik tetap harus diolah (water treatment) agar meningkatkan efisiensi mesin pembangkit listrik.

Jual Resin Kation Flotrol S+

Ready Stock Resin Kation Flotrol S+ Ribuan Liter siap kirim ke seluruh Indonesia untuk berbagai kebutuhan:

  • Boiler industri
  • Industri AMDK
  • PLTU
  • Industri Gula
  • Industri Food & Beverage
  • Water softening
  • Demineralisasi
  • Deionisasi
  • Depot air isi ulang
  • Rumah Tangga

Kemasan Resin Kation Flotrol S+ 25 Liter / sak

Ready Stock berbagai produk media filter air dan media filter gas

Kontak

Telepon & Whatsapp: 0812 1121 7411
Email: adywater@gmail.com

Alamat

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194
rute google map klik: Ady Water Bandung

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480
rute google map klik: Ady Water Jakarta Barat

Kantor Cabang Jakarta 2:
Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.15/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830
rute google map klik: Ady Water Jakarta Timur

Kantor Cabang Surabaya:
Kupang Panjaan I No.18, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60264
rute google map klik: Ady Water Surabaya

Daftar produk Ady Water

  • Pasir silika / pasir kuarsa berbagai ukuran mesh (Batu silika, Pasir silika kasar, pasir silika halus, tepung silika halus / fine powder mesh 200 dan mesh 325)
  • Karbon aktif Jacobi, karbon aktif Calgon, karbon aktif Norit, karbon aktif Haycarb, karbon aktif KDK, karbon aktif Lokal
  • Activated alumina 3/16 inchi, 1/8 inchi, 1/4 inchi (all size)
  • Molecular sieve 4A, 5A, 13X, 13X APG, 13X HP (all size)
  • Pasir manganese Greensand Plus dan pasir manganese lokal
  • Pasir aktif Ferrolite Tohkemy Jepang dan pasir aktif lokal
  • Pasir antrasit import Tohkemy dan pasir antrasit lokal
  • Pasir zeolit (batu, gravel, tepung semua ukuran)
  • Resin kation anion merek Dowex / Dupont / Amberlite, Lewatit, Trilite, Suqing, Mitsubishi, Resinex, Thermax Tulsion, Purolite, Jacobi Resinex
  • Tabung filter air, valve filter air, tabung softener, valve softener berbagai ukuran mulai dari 6 inchi hingga 72 inchi
  • Silica gel sachetan blue, white, silica gel curah
  • Pasir garnet untuk sandblasting mesh 20-40 dan mesh 30-60
  • Glass beads untuk sandblasting
  • Water strainer / nozzle merek KSH Jerman berbagai bentuk (strainer Jamur, Strainer Tulang, Strainer Bintang)

Terimakasih telah berkunjung di jakartafilterair.com : pasang tabung filter air, tabung water softener, jual resin softener, resin demin, karbon aktif, pasir silika, pasir zeolit

Silahkan download

Catalog Product Ady Water 2022 (pdf)

Company Profile Ady Water (pdf)

SAYA INGIN DIBANTU ADY WATER MENYELESAIKAN MASALAH AIR SAYA

Apakah Bapak Ibu ingin menyelesaikan masalah air di rumah? Ady Water akan membantu Anda merekomendasikan kebutuhan yang paling tepat. Silakan isi formulir ini dan dapatkan kesempatan VOUCHER BELANJA di Ady Water
hanya 1 menit!