Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Cara Penjernihan Air Menggunakan Koagulan Tawas dan PAC

Jual Chemical Penjernih Air 0812 1121 7211

Daftar isi:


PAC dan tawas bahan kimia / chemical penjernih air limbah dan air bersih

Kondisi Air Tawar di Dunia

Jumlah air tawar yang tersedia di antara total volume sumber daya air yang digunakan sama dengan sekitar 2,5%. Karena perkembangan industri dan pertanian yang intensif, kualitas air tawar menurun dan menjadi tidak cocok untuk irigasi tanaman, produksi yang baik, dan keperluan minum tanpa perlakuan awal yang mendalam.

Beban sumber daya air juga meningkat karena pertumbuhan penduduk dan pemanasan global. Selain air permukaan, kualitas air tanah juga menurun, terutama pada lapisan akuifer bagian atas yang tidak terkekang. Kontaminasi air terjadi melalui pembuangan langsung air limbah ke badan air, tumpahan yang tidak disengaja, infiltrasi dari tanah yang terkontaminasi, dan dengan endapan atmosfer.

Ada klasifikasi yang berbeda dari polutan tergantung pada asalnya, ukuran, toksisitasnya, dll. Aktivitas manusia menyebabkan perubahan lingkungan yang signifikan yang dapat mengancam kelangsungan hidup populasi dunia dalam jangka panjang.

Efek merugikan yang paling signifikan dari aktivitas antropogenik pada sumber air alami adalah peningkatan senyawa organik dan anorganik beracun, nutrisi, kandungan COD dan BOD, pencemaran radioaktif perairan alami yang menyebabkan penghambatan organisme akuatik, penipisan oksigen, perubahan pH yang drastis, peningkatan kekeruhan, dan pencemaran biologis air.

Karena beban pada badan air melebihi kapasitas pemurniannya sendiri, maka praktik pengolahan air limbah dan air minum perlu dipertahankan. Tergantung pada sifat dan ukuran polutan, teknik pengolahan air yang berbeda dapat digunakan untuk remediasi polutan.

Secara umum, semua metode pengolahan air dapat dibagi menjadi metode mekanis, biologis, kimia, dan fisik-kimia. Perawatan mekanis memungkinkan menghilangkan partikel kasar yang tidak larut dari air.

Pengolahan air biologis digunakan untuk degradasi senyawa organik nonrefractory dan beberapa garam anorganik. Pengolahan air kimia dapat berhasil digunakan untuk menghilangkan senyawa organik dan anorganik beracun, dan metode fisik-kimia dimaksudkan untuk menghilangkan berbagai kontaminan dari air mulai dari senyawa organik dan anorganik dan diakhiri dengan pencemaran biologis.

Untuk sebagian besar, pilihan metode pengolahan air tergantung pada ukuran kontaminan. Polutan heterogen dengan ukuran partikel 10−2–10−4 cm seperti suspensi, emulsi, dan slurry dihilangkan dengan menggunakan, misalnya, flotasi, sentrifugasi, atau filtrasi partikel. Partikel koloid, seperti polimer atau hidroksida logam, dengan ukuran bervariasi antara 10−4 dan 10−7 cm dapat dihilangkan menggunakan, misalnya, ultra dan nanofiltrasi, koagulasi, dan teknik flotasi.

Sistem homogen yang mengandung polutan dalam bentuk larutan elektrolit dan bahan organik terlarut diperlakukan menggunakan metode reverse osmosis, biologi dan oksidasi lanjutan, dll. Jika larutan mengandung partikel dengan kategori ukuran yang berbeda, maka pengolahan air dilakukan dalam beberapa langkah. Pada awalnya, partikel yang lebih kasar dihilangkan, kemudian partikel berukuran sedang, dan akhirnya partikel halus.

Koagulasi Metode Penjernihan Air dengan Bahan Kimia

Koagulasi adalah salah satu metode umum yang digunakan oleh instalasi pengolahan air untuk menyediakan air minum yang aman dan bersih bagi pelanggan air umum. Metode ini sering digunakan bersamaan dengan proses termasuk filtrasi, desinfeksi, dan sedimentasi untuk menghilangkan kontaminan tertentu dari air.

Penambahan bahan kimia penggumpal mengurangi pencemaran air permukaan dalam bentuk padatan tersuspensi kasar, lanau, kekeruhan, warna, dan koloid. Bahan kimia membentuk flok, yang membantu dalam aglomerasi kotoran. Pengendapan partikel memungkinkan efluen jernih dari ruang koagulasi.

Beberapa bahan kimia yang digunakan untuk koagulasi adalah tawas filter, natrium aluminat, ferrosul, silika aktif, dan berbagai senyawa organik berpemilik. Suhu, pH, dan pencampuran mempengaruhi efisiensi koagulasi.

Ferric sulfate, aluminium sulfate, atau ferric chloride, diklasifikasikan sebagai aluminium atau garam besi, adalah koagulan umum untuk pengolahan air.

Koagulan adalah bahan kimia yang digunakan untuk menghilangkan padatan tersuspensi dari air minum. Mereka terdiri dari molekul bermuatan positif, yang membantu memberikan netralisasi air yang efektif.

Perlakuan koagulasi biasanya dilakukan sebelum sedimentasi dan filtrasi. Selama proses, koagulan ditambahkan ke air, dan muatan positifnya menetralkan muatan negatif kontaminan tersuspensi.

Netralisasi menyebabkan partikel tersuspensi untuk mengikat bersama-sama (oleh karena itu istilah). Dalam rumpun yang dikenal sebagai "flok", partikel-partikel ini tenggelam ke dasar tangki perawatan. Mereka kemudian dapat lebih mudah disaring dari air.

Selama proses ini, koagulan dengan cepat ditambahkan ke air dan dicampur, memungkinkannya untuk didistribusikan ke seluruh sampel air. Ketika air digumpalkan, dapat disaring melalui membran ultrafiltrasi atau mikrofiltrasi, atau filter medium, untuk menghilangkan partikel yang mengendap. Air juga dapat dipindahkan ke tangki pengendapan, di mana partikel berat akan tenggelam ke dasar, di mana mereka kemudian dapat dihilangkan.

Koagulasi paling efektif untuk menghilangkan padatan tersuspensi dan bahan organik alami seperti kerikil, pasir, ganggang, tanah liat, besi, protozoa, dan bahkan bakteri. Banyak dari kontaminan ini dapat memberikan rasa tidak enak pada air jika ada dalam jumlah besar, dan juga dapat memberikan warna coklat atau oranye pada air.

Koagulasi tidak menjamin air minum yang aman, tetapi masih merupakan proses pengolahan air yang penting. Ini menghilangkan zat tersuspensi yang membuat air lebih sulit untuk dirawat dengan benar dengan disinfektan, dan berarti lebih sedikit klorin yang dapat ditambahkan untuk mendisinfeksi air.

Tawas dan PAC Sebagai Bahan Kimia Penjernihan Air


Media pasir silika coklat kasar, pasir bangka untuk aquascape, pasir untuk sandblasting

Tawas dan PAC adalah bahan kimia atau chemical penjernihan air limbah yang sangat baik. Fungsi tawas dan PAC adalah sebagai koagulan dengan cara kerja yang sudah disebutkan di atas.

Menggunakan tawas atau PAC, kandungan pengotor di dalam air akan terpisah dari air dan membentuk flok-flok yang kemudian dapat disaring menjadikan airnya lebih jernih. Hanya saja, jangan lupa bahwa proses penjernihan air di industri ini bukan hanya proses koagulasi, melainkan juga melibatkan treatment-treatment lainnya seperti sand filter, reverse osmosis, bahkan sterilisasi UV atau electrochemical tergantung dari hasil akhir air yang hendak diinginkan. Sementara untuk penjernihan air rumah tangga, terkadang tidak memerlukan terlalu banyak proses penjernihan air.

Untuk spesifikasi produk tawas maupun PAC adalah sebagai berikut:

Tawas Penjernih Air

Bentuk: Powder, Jerigen, Bongkahan

Kemasan:

  • Powder 50 kg/karung
  • Bongkahan 50 kg/karung
  • Cair jerigen atau drum

Poly Aluminium Chloride (PAC)

Bentuk: Powder kuning

Kemasan: powder 25 kg/karung

Tempat Jual PAC dan Tawas Penjernih Air

Ady Water ready stock total dan siap kirim tawas dan PAC untuk kebutuhan penjernihan air industri Bapak Ibu.

Kontak

Telepon & Whatsapp: 0812 1121 7211 (Andri)
Email: adywater@gmail.com

Alamat

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194
rute google map klik: Ady Water Bandung

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480
rute google map klik: Ady Water Jakarta Barat

Kantor Cabang Jakarta 2:
Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.15/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830
rute google map klik: Ady Water Jakarta Timur

Kantor Cabang Surabaya:
Kupang Panjaan I No.18, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60264
rute google map klik: Ady Water Surabaya

Daftar produk Ady Water

  • Pasir silika / pasir kuarsa berbagai ukuran mesh (Batu silika, Pasir silika kasar, pasir silika halus, tepung silika halus / fine powder mesh 200 dan mesh 325)
  • Karbon aktif Jacobi, karbon aktif Calgon, karbon aktif Norit, karbon aktif Haycarb, karbon aktif KDK, karbon aktif Lokal
  • Activated alumina 3/16 inchi, 1/8 inchi, 1/4 inchi (all size)
  • Molecular sieve 4A, 5A, 13X, 13X APG, 13X HP (all size)
  • Pasir manganese Greensand Plus dan pasir manganese lokal
  • Pasir aktif Ferrolite Tohkemy Jepang dan pasir aktif lokal
  • Pasir antrasit import Tohkemy dan pasir antrasit lokal
  • Pasir zeolit (batu, gravel, tepung semua ukuran)
  • Resin kation anion merek Dowex / Dupont / Amberlite, Lewatit, Trilite, Suqing, Mitsubishi, Resinex, Thermax Tulsion, Purolite, Jacobi Resinex
  • Tabung filter air, valve filter air, tabung softener, valve softener berbagai ukuran mulai dari 6 inchi hingga 72 inchi
  • Silica gel sachetan blue, white, silica gel curah
  • Pasir garnet untuk sandblasting mesh 20-40 dan mesh 30-60
  • Glass beads untuk sandblastingh
  • Water strainer / nozzle merek KSH Jerman berbagai bentuk (strainer Jamur, Strainer Tulang, Strainer Bintang)

Terimakasih telah berkunjung di pasirsilika.com : Website pusat informasi pasir silika dan tempat jual pasir silika terpercaya

Silahkan download

Catalog Product Ady Water 2022 (pdf)

Company Profile Ady Water (pdf)

SAYA INGIN DIBANTU ADY WATER MENYELESAIKAN MASALAH AIR SAYA

Apakah Bapak Ibu ingin menyelesaikan masalah air di rumah? Ady Water akan membantu Anda merekomendasikan kebutuhan yang paling tepat. Silakan isi formulir ini dan dapatkan kesempatan VOUCHER BELANJA di Ady Water
hanya 1 menit!